Satu dari Dua Rudal Balistik Korut Meledak di Udara

Jum'at, 18 Maret 2016 - 14:05 WIB
Satu dari Dua Rudal Balistik Korut Meledak di Udara
Satu dari Dua Rudal Balistik Korut Meledak di Udara
A A A
SEOUL - Satu dari dua rudal balistik yang ditembakkan militer Korea Utara (Korut) pagi ini (18/3/2016) ke Laut Jepang, telah meledak di udara. Hal itu diungkap otoritas Korea Selatan (Korsel).

Otoritas Korsel yang memantau manuver rudal balistik Korut mengatakan, proyektil rudal itu meledak tak lama setelah lapas landas.

Kantor berita Yonhap mengutip sumber militer Korsel menyatakan,rudal balistik kedua ditembakkan 22 menit setelah yang rudal balistik yang pertama.

Lantaran meledak di udara, radar Korsel kehilangan jejak objek rudal balistik Pyongyang yang kedua.

Sebuah analisis sejauh ini menunjukkan itu rudal, tetapi pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk memverifikasi data,” kata pihak Joint Chiefs of Staff (JCS) atau Kepala Staf Gabungan Korsel.

”Rudal (pertama) jatuh ke perairan di wilayah Zona Pertahanan Udara Jepang,” lanjut JCS. Rudal balistik itu ditembakkan Korut dari wilayah utara Pyongyang dan berakhir di Laut Jepang atau Laut Timur.

Tokyo telah mengutuk keras manuver terbaru rezim Pyongyang yang dipimpin Kim Jong-un. “Jepang sangat menuntut Korea Utara untuk latihan menahan diri dan (Jepang) akan mengambil semua langkah yang diperlukan, seperti aktivitas peringatan dan pengawasan, untuk dapat menanggapi situasi apapun,” kata Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5481 seconds (0.1#10.140)