TKI Asal Sumbawa Dievakuasi dari Ibukota ISIS

Rabu, 16 Maret 2016 - 17:54 WIB
TKI Asal Sumbawa Dievakuasi...
TKI Asal Sumbawa Dievakuasi dari Ibukota ISIS
A A A
DAMASKUS - Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Damaskus, Suriah kembali berhasil mengeluarkan seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumbawa, NTT bernama Sri Rahayu Binti Masnid Nur. Ia dievakuasi dari Raqqa, yang juga disebut-sebut sebagai ibukota ISIS.

Menurut siaran pers KBRI Damaskus yang diterima Sindonews pada Rabu (16/3), pihak KBRI sudah berusaha mengeluarkan Sri dari Raqqa sejak pertengah 2015 lalu, atau sejak KBRI mendapatkan informasi keberadaan Sri di Raqqa.

"Melalui pengacara retainer KBRI Damaskus di Aleppo, Muhammad Akra, KBRI Damaskus menekan terus-menerus agen tenaga kerja yang mengirim Sri Rahayu ke
Raqqa agar bertanggung jawab." bunyi siaran pers KBRI Damaskus.

"Setelah menyusun rencana bersama, dipilihlah seorang pegawai agen tenaga kerja yang mengenal wilayah medan pegunungan Aleppo-Raqqaa untuk menjemput Sri Rahayu. Setelah mencermati waktu yang tepat dan rencana matang disusun, Sri Rahayu dievakuasi melalui perjalanan darat Raqqah-Aleppo dari gunung ke gunung, siang dan malam selama 6 hari," sambungnya.

KBRI menuturkan, untuk mengelabui ISIS, Sri dan orang yang mengevakuasi mengaku sebagai suami-istri. Sri berhasil dibawa ke Kantor Konsuler cabang Aleppo pada Januari 2016. Setelah semua hak dan urusan selesai diperjuangkan di Aleppo, Sri diantarkan ke shelter Damaskus pada 12 Maret 2016, dan akan dipulangkan dalam waktu dekat.

Duta Besar RI Damaskus, Djoko Harjanto menyatakan upaya penyelamatan Sri tidak akan bisa tercapai tanpa adanya hubungan yang baik antara KBRI Damaskus, dengan pemerintah dan tokoh-tokoh setempat.

“Tanpa jejaring yang kuat antara KBRI Damaskus, pemerintah Suriah, dan tokoh masyarakat, mustahil dapat mengemban misi utama perlindungan WNI di tengah gejolak konflik Suriah ini," ucap Djoko.

Ini adalah kali kedua KBRI Damaskus berhasil mengeluarkan seorang TKI dari wilayah yang dikuasai oleh ISIS. “Pada Januari 2016, KBRI Damaskus juga berhasil menyelamatkan seorang TKI asal Subang bernama Casih binti Waan dari kepungan ISIS di Deir Ezzor yang dievakuasi menggunakan helikopter tentara Suriah,” ujar Pejabat Fungsi Konsuler merangkap Penerangan Sosbud KBRI Damaskus, AM. Sidqi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7877 seconds (0.1#10.140)