Soal Hizbullah, Suriah Ledek Saudi

Minggu, 13 Maret 2016 - 20:14 WIB
Soal Hizbullah, Suriah Ledek Saudi
Soal Hizbullah, Suriah Ledek Saudi
A A A
DAMASKUS - Suriah melemparkan ledekan terhadap Arab Saudi, terkait keputusan Liga Arab yang melabeli Hizbullah sebagai kelompok teroris. Suriah menyebut keputusan ini menunjukan bahwa Arab Saudi sebagai pihak yang paling berpengaruh di Liga Arab tengah kebingunan, sehingga sulit membedakan mana teroris dan mana yang bukan.

"Jika Hizbullah dan Angkatan Mobilisasi Populer di Irak adalah teroris di mata orang-orang yang setuju dengan itu dan di mata Organisasi Kerjasama Teluk, itu adalah logika Saudi, bahwa organisasi teroris seperti ISIS dan al-Nusra adalah gerakan perdamaian, pembangunan, ketahanan, dan peradaban," kata Menteri Informasi Suriah Omran al-Zoubi.

Zoubi, seperti dilansir Fars News pada Minggu (13/3), juga menuturkan, keputusan ini menunjukan bahwa Liga Arab hanyalah sebuah lemabaga boneka. Liga Arab tunduk pada keputusan yang dibuat oleh Saudi.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Suriah, Walid al-Moualem terlebih dahulu mengecam keputusan Liga Arab itu. Menurutnya, keputusan Liga Arab untuk melabeli Hizbullah sebagai kelompok teroris adalah sesuatu hal yang absurd.

"Keputusan terakhir yang diambil oleh Liga Arab pada Hizbullah adalah sesuatu yang tidak masuk akal. Saya mendukung apa yang dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Irak tentang Hizbullah. Ini benar-benar memalukan, mengenai apa yang mereka (Liga Arab) sampaikan soal keberadaan Hizbullah" kata Moualem.

Menteri Luar Negeri Irak, Ibrahim al-Jaafari dalam sambutannya di Liga Arab membela kelompok milisi Syiah Hashd Shaabi dan Hizbullah. Ia mengatakan, Hashd Shaabi dan Hizbullah telah menyelamatkan martabat orang-orang Arab dan orang-orang yang menyebut mereka teroris adalah teroris.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3733 seconds (0.1#10.140)