China Larang Sinetron LGBT Tayang di Televisi

Kamis, 03 Maret 2016 - 18:22 WIB
China Larang Sinetron LGBT Tayang di Televisi
China Larang Sinetron LGBT Tayang di Televisi
A A A
BEIJING - Badan sensor China mengeluarkan peraturan yang melarangan stasiun televisi di negara itu membuat tayangan atau sinetron yang menceritakan cinta sesama jenis. Termasuk di dalamnya cerita tentang homoseksualitas, perselingkuhan, cinta satu malam, dan percintaan di bawah umur.

Dalam dokumen panduan tayangan setebal 8 halaman itu, tayangan-tayangan tersebut dikategorikan sebagai tayangan vulgar, tidak bermoral, dan konten yang tidak sehat. Panduan ini posting di situs Asosiasi Industri Produksi Drama Televisi China.

"Drama televisi yang menunjukkan hubungan seksual dan perilaku abnormal seperti incest, hubungan sesama jenis, penyimpangan seksual, kekerasan seksual, pelecehan seksual, kekerasan seksual, dan sebagainya dilarang," begitu bunyi peraturan tersebut seperti dikutip dari laman KTVZ, Kamis (3/3/2016).

Larangan ini muncul setelah sinetron cinta sesama jenis yang populer di negara itu, Addicted Heroin, di tarik dari situs video online streaming pekan lalu. Hal ini pun memicu kegemparan di media sosial dan saat ini hanya bisa ditonton melalui YouTube yang diblokir oleh pemerintah China.

Kebijakan baru ini membuat marah komunitas gay China. Mereka menilai, pedoman itu telah keluar dari kebijakan negara itu yang mulai menerima hubungan sesama jenis. Pada tahun 2001, homoseksualitas dihapus dari daftar resmi penyakit mental untuk pengobatan klinis di Cina.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5951 seconds (0.1#10.140)