AS Desak Palestina-Israel Redakan Ketegangan

Senin, 22 Februari 2016 - 15:45 WIB
AS Desak Palestina-Israel Redakan Ketegangan
AS Desak Palestina-Israel Redakan Ketegangan
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mendesak Palestina dan Israel untuk meredakan ketegangan, dengan menahan diri dari melakukan tindakan yang tidak perlu. Desakan ini disampaikan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry kala melakukan pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Amman, Yordania.

"Sekretaris terus mendesak kedua pihak untuk tenang dan menurunkan tingkat kekerasan, hasutan dan retorika inflamasi," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS John Kirby, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (22/2).

Menurut Kirby, dalam pertemuan itu, Kerry meminta Abbas untuk bisa berbuat lebih banyak untuk mencegah terjadi serangan yang menargetkan warga Israel, khususnya di wilayah Tepi Barat. Desakan semacam ini juga akan coba disampaikan Kerry kepada pihak Israel.

Sejak 1 Oktober 2015 lalu, serangan yang dilakukan warga Palestina, baik dengan menggunakan pisau, senjata dan ataupun dengan menggunakan mobil telah merenggut nyawa 27 nyawa warga Israel, seorang warga Amerika dan seorang warga Eritrea.

Pada saat yang sama, 176 warga Palestina tewas oleh pasukan Israel, kebanyakan mereka tewas ditembak mati oleh pasukan Israel saat berusaha melakukan serangan. Tetapi tidak sedikit juga yang tewas dalam bentrokan dan demonstrasi antara warga Palestina dan Israel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7476 seconds (0.1#10.140)