Assad Janjikan Amnesti bagi Anggota Oposisi yang Menyerah

loading...
Assad Janjikan Amnesti bagi Anggota Oposisi yang Menyerah
Assad Janjikan Amnesti bagi Anggota Oposisi yang Menyerah
DAMASKUS - Presiden Suriah, Bashar al-Assad, berjanji akan memberikan amnesti atau pengampunan bagi anggota kelompok oposisi yang meletakkan senjata atau menyerah dan berpatisipasi dalam proses politik.

"(Jika anggota kelompok oposisi meletakkan senjata mereka) kami akan mengumumkan amnesti dan itu terjadi selama dua tahun terakhir dan akhir-akhir ini banyak dari mereka meletakkan senjata mereka. Beberapa bergabung dengan jajaran tentara Suriah," katanya saat diwawancara media Spanyol, El Pais, seperti dikutip dari Sputniknews, Minggu (21/2/2016).

Assad juga menegaskan, otoritas Suriah akan terus memperlakukan semua kelompok bersenjata sebagai teroris selama tidak menyatakan kesiapannya untuk memasuki proses politik.

"Dari sudut pandang hukum dan konstitusi, semua orang yang mengarahkan senjatanya kepada orang-orang dan pemerintah adalah teroris, baik itu di negeri sendiri, di negara kita atau negara lain di dunia," kata Assad.





"Kita tidak bisa mengatakan bahwa orang-orang ini berada di bawah hukum. Mereka dapat diakui sebagai bagian dari itu jika mereka meletakkan senjata mereka dan bergabung dengan proses politik. Ini adalah satu-satunya kesempatan di negara manapun untuk memulihkan, atau untuk mengubah hukum. Konstitusi atau pemerintah ini dapat dilakukan melalui proses politik, bukan melalui senjata," demikian tutur Assad.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top