Di KTT AS-ASEAN, Jokowi Serukan Perdamaian di LCS

Selasa, 16 Februari 2016 - 18:03 WIB
Di KTT AS-ASEAN, Jokowi Serukan Perdamaian di LCS
Di KTT AS-ASEAN, Jokowi Serukan Perdamaian di LCS
A A A
CALIFORNIA - Presiden Indonesia Joko Widodo menyampaikan pentingnya perdamaian di kawasan Laut China Selatan. Hal itu disampaikan Jokowi kala menghadiri working dinner Konfrensi Tinggkat Tinggi (KTT) Amerika Serikat (AS) dan ASEAN di Sunnyland, California.

Dalam siaran pers tim komunikasi Presiden yang diterima Sindonews pada Selasa (16/2), disebutkan bahwa dalam sambutannya di acara itu Jokowi menekankan bahwa kawasan ini harus merupakan kawasan damai dan stabil.

"Untuk mewujudkan hal itu, Presiden Jokowi menekankan agar hukum internasional harus dihormati, rivalitas kekuasaan besar harus dicegah, Declaration of Conduct (DoC) harus dilaksanakan secara penuh dan efektif, dan Code of Coonduct (CoC) harus dapat segera diselesaikan," bunyi siara pers tim komunikasi Presiden.

"Presiden juga menekankan pentingnya untuk semua pihak menghentikan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan ketegangan," sambungnya.

Sebagai negara yang tidak terlibat dalam konflik, Indonesia berusaha untuk memberikan kontribusinya bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan Laut China Selatan.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Jokowi juga turut membahas mengenai perdamaian di Timur Tengah. Mantan Gubernur Jakarta itu menyampaikan keprihatinan atas memburuknya hubungan Arab Saudi dengan Iran, serta masih belum maksimalnya upaya untuk melawan terorime.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6013 seconds (0.1#10.140)