Paus dan Patriark Rusia Serukan Perlindungan bagi Umat Kristen

Sabtu, 13 Februari 2016 - 18:08 WIB
Paus dan Patriark Rusia Serukan Perlindungan bagi Umat Kristen
Paus dan Patriark Rusia Serukan Perlindungan bagi Umat Kristen
A A A
HAVANA - Pemimpin Kristen Katolik, Paus Francis, dan Pemimpin Kristen Ortodoks Rusia, Patriarch Kirill, mendeklarasikan perlindungan bagi umat Kristen yang berada di tengah-tengah konflik di Timur Tengah. Deklarasi itu dilakukan saat keduanya bertemu dalam pertemuan bersejarah di terminal bandara Kuba.

"Di banyak negara di Timur Tengah dan Afrika Utara, sebuah keluarga yang utuh, desa, dan kota-kota saudara dan saudari Kristus kita sedang benar-benar dibasmi," kata mereka.

"Gereja-gereja mereka dengan barbar dihancurkan dan dijarah, benda-benda suci mereka nistakan dan sejumlah monumen mereka hancurkan," kata mereka lagi merujuk pada aksi kelompok ekstrimis ISIS seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (13/2/2016).

Mereka juga mengatakan, bantuan kemanusiaan dalam skala besar diperlukan untuk pengungsi yang melarikan diri dari Suriah dan Irak. Mereka pun meratapi eksodus besar-besaran umat Kristiani.

Paus, pemimpin 1,2 miliar umat Katolik di dunia, berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan Kristen Ortodoks yang telah lama memisahkan diri. Ortodoks Timur berpisah dengan Roma pada tahun 1054.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7400 seconds (0.1#10.140)