Serangan Udara Bikin ISIS Merugi

Senin, 08 Februari 2016 - 21:16 WIB
Serangan Udara Bikin ISIS Merugi
Serangan Udara Bikin ISIS Merugi
A A A
WASHINGTON - Asisten Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) urusan pendanaan teroris, Daniel Glaser, menuturkan serangan udara yang dilancarakan terhadap basis ISIS, baik di Irak ataupun Suriah telah membuat kelompok teroris tersebut merugi.

Dirinya mengatakan, serangan sporadis baik yang dilancarkan AS dan sekutunya telah menghancurkan sejumlah kilang minyak, dan truk pengangkut minyak milik ISIS. Inilah yang membuat kelompok tersebut merugi, karena sudah jadi rahasia umum jika sumber dana ISIS berasal dari penjualan minyak ilegal.

"Serangan udara telah memukul kemampuan kelompok untuk mengekstrak, memperbaiki dan mengangkut minyak dari wilayah-wilayah yang mereka kuasai, baik di Irak ataupun di Suriah," ucap Glaser, seperti dilansir Reuters pada Senin
(8/2).

"Ketika Anda melihat kesulitan yang dihadapi ISIS saat ini sehubungan dengan tranportasi, dan mengekstrak minyak, saya bisa katakan bahwa saat ini ISIS sudah tidak bisa lagi menghasilkan banyak uang dari cara biasa mereka mendapatkannya," sambungnya.

Glaiser menambahkan, efek dari terus berkurangnnya pemasukan ISIS membuat kelompok itu memotong gaji anggota mereka. Tidak tanggung-tanggung, menurut Glaiser ISIS memotong gaji anggotanya hingga sebesar 50 persen.

"ISIS telah memotong gaji anggota mereka di Raqqa sebesar 50 persen," pungkas Glaiser.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5398 seconds (0.1#10.140)