Sepatu Kaca Raksasa 17 Meter di Taiwan untuk Kenang Penyakit Kaki

Selasa, 02 Februari 2016 - 16:59 WIB
Sepatu Kaca Raksasa...
Sepatu Kaca Raksasa 17 Meter di Taiwan untuk Kenang Penyakit Kaki
A A A
CHIAYI - Sebuah sepatu kaca raksasa setinggi 17 meter berdiri di wilayah Chiayi, Taiwan. Keberadaan sepatu kaca raksasa itu sempat jadi misteri, sebelum akhirnya terungkap dijadikan museum untuk mengenang penyakit kaki hitam kaum perempuan.

Pembuatan sepatu kaca megah berwarna biru muda itu belum sepenuhnya rampung. Namun, bangunan itu telah memikat para wisatawan berdatangan karena penasaran.

Sebelum ada informasi bahwa sepatu superbesar itu merupakan museum untuk penyakit kaki, spekulasi telah bermunculan. Ada yang mengira sepatu transparan itu dimanfaatkan untuk tempat pernikahan. Ada juga media lokal yang berspekulasi bahwa bangunan itu akan dijadikan gereja.

Namun, kantor berita AP melaporkan bahwa objek wisata itu dibangun untuk mengenang perempuan yang menderita keracunan arsenik di Taiwan. Perempuan itu terkontaminasi air sumur yang tercemar, yang menyebabkan penyakit kaki gangren.

Penyakit itu kerap menyebabkan amputasi dan korban mengalami stigma buruk di sisa hidupnya. Para penderita penyakit kaki seperti itu hanya bisa bermimpi memakai sepatu hak tinggi.

Kepala pemerintahan daerah Chiayi, Helen Chang, membenarkan fungsi objek wisata sepatu kaca raksasa itu terkait dengan penyakit kaki. ”Pada dasarnya, ini dibangun tidak hanya untuk mengingatkan kita saat orang menderita penyakit, tetapi juga untuk mewakili harapanbahwa perempuan sekarang dapat mewujudkan impian mereka berjalan ke arah masa bahagia dengan sepatu hak tinggi mereka,” katanya, seperti dikutip IB Times, Selasa (2/2/2016).

Seorang pengunjung objek wisata sepatu kaca raksasa, Lin Yi-ling, 56, mengatakan, bangunan itu merupakan penghargaan yang indah untuk para penderita penyakit. Ketika saya belajar sejarah di belakang balai pernikahan tentang (sepatu) tumit tinggi, saya pikir saya harus datang berkunjung,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9852 seconds (0.1#10.140)