PM Serbia Minta Parlemen Pecat Menteri Pertahanan

Sabtu, 30 Januari 2016 - 22:13 WIB
PM Serbia Minta Parlemen Pecat Menteri Pertahanan
PM Serbia Minta Parlemen Pecat Menteri Pertahanan
A A A
BELGRADE - Perdana Menteri Serbia, Aleksandar Vucic, mengirim surat ke parlemen pada Sabtu (30/1/2016) meminta untuk memberhentikan Menteri Pertahanan, Bratislav Gasic. Hal ini dipicu komentar seksis Gasic kepada seorang reporter perempuan.

Gasic, yang juga seorang pejabat senior dalam pemerintah PM Vucic, memicu kemarahan publik dan protes dari wartawan Desember lalu setelah berkomentar kepada seorang wartawan perempuan yang tengah berjongkok. "Saya suka wartawan ini yang berlutut begitu mudah," katanya.

"Perdana Menteri Vucic berterima kasih kepada Gasic untuk hasil yang sangat baik dalam hal kesiapan tempur militer dan pengembangan industri pertahanan, namun ia percata bahwa kata-kata yang digunakan tidak bisa dan harusnya tidak digunakan di depan umum," bunyi surat Vucic seperti dikutip dari laman Reuters.

Sebuah pernyataan pemerintah mengatakan Vucic ingin anggota parlemen membahas pemecatan Gasic pada sesi sidang parlemen yang akan digelar pada Jumat depan. Vucic juga menunjuk Menteri Keuangan, Dusan Vujovic, menjadi Menteri Pertahanan interim sampai yang Menteri Pertahanan yang baru diangkat.

Pemecatan Gasic ini dinilai akan memiliki efek pada koalisi Serbia yang akan menghadapi pemilu sela pada musim semi ini dimana Partai Progresif dipandang sebagai salah satu yang terdepan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6127 seconds (0.1#10.140)