Cabut Sanksi, Kanada Siap Jual Pesawat ke Iran

Rabu, 27 Januari 2016 - 14:23 WIB
Cabut Sanksi, Kanada Siap Jual Pesawat ke Iran
Cabut Sanksi, Kanada Siap Jual Pesawat ke Iran
A A A
OTTAWA - Pemerintah Kanada dilaporkan siap menjual sejumlah pesawat, khususnya pesawat komersil kepada pemerintah Iran. Rencana penjualan pesawat ini muncul setelah Kanada turut mencabut sanksi ekonomi terhadap Iran.

Rencana penjualan pesawat ini juga muncul setelah sebelumnya Prancis menjalin kesepakatan dengan Iran untuk pembelian sekitar 104 pesawat Boeing, yang ditujukan untuk Iran Air. Menurut Menteri Luar Negeri Kanada, Stéphane Dion, jika Prancis bisa melakukan hal itu, Kanada juga bisa melakukannya.

"Jika Airbus mampu melakukannya, mengapa Bombardier tidak dapat melakukannya? Bagaimana hal itu dapat membantu Kanada, atau orang-orang Iran, atau Israel, atau siapa pun, jika Kanada menyakiti industri sendiri?" tanya Dion.

"Kanada memiliki niat untuk memungkinkan Bombardier melakukan bisnis yang sah dengan Iran, ketika hambatan ekonomi diangkat," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (27/1).

Dion menambahkan, satu-satunya hambatan Kanada untuk melakukan kerjasama jual-beli pesawat dengan Iran adalah Parlemen. Menurutnya, partai konservatif Kanada sangat menentang ide jual-beli pesawat ini, dan mereka juga menentang keputusan pemerintah Kanada mencabut sanksi ekonomi terhadap Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5646 seconds (0.1#10.140)