AS Tawarkan Teknologi Pengontrol Perbatasan pada Turki

Kamis, 21 Januari 2016 - 21:02 WIB
AS Tawarkan Teknologi Pengontrol Perbatasan pada Turki
AS Tawarkan Teknologi Pengontrol Perbatasan pada Turki
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan mempercepat upaya untuk membantu Turki mengontrol wilayah perbatasannya dengan Suriah. Untuk pertama kalinya, AS akan menawarkan teknologi pengontrol perbatasan kepada Turki untuk mengamankan wilayah perbatasan.

Wilayah perbatasan Turki dengan Suriah memang menjadi perhatian AS. Pasalnya, ISIS telah mengontrol sisi perbatasan Suriah. Urgensi untuk memperketat wilayah perbatasan pun menemui puncaknya setelah ISIS melakukan serangan teroris di Prancis pada November silam.

"Fakta bahwa mereka datang melalui Suriah, melalui celah perbatasan yang ada, adalah sesuatu yang telah mendapatkan perhatian semua orang," kata seorang pejabat senior AS dalam kondisi anonim seperti dikutip dari Reuters, Kamis (21/1/2016).

Washington kabarnya akan memasukkan balon pengawas aerostat (Tethered Aerostat Radar System) dan teknologi anti tunneling untuk ditawarkan kepada Turki dalam mengawasi wilayah perbatasannya. AS juga siap untuk berbagi metode untuk mendeteksi bahan yang digunakan dalam perangkat peledak imprvisasi.

"Kami telah melihat tindakan mereka dan kami ingin bekerjasama dengan mereka untuk mengencangkan 'sekrup' sedikit lebih jauh," kata seorang pejabat senior Turki yang meminta identitasnya di rahasiakan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6117 seconds (0.1#10.140)