ISIS Hancurkan Biara Berusia 1.400 Tahun di Irak

Rabu, 20 Januari 2016 - 20:27 WIB
ISIS Hancurkan Biara Berusia 1.400 Tahun di Irak
ISIS Hancurkan Biara Berusia 1.400 Tahun di Irak
A A A
BAGHDAD - ISIS kembali menghancurkan bangunan bersejarah. Kali ini, sebuah biara Kristen berusia 1.400 tahun dihancurkan oleh kelompok ekstrimis itu. Gambar citra satelit menunjukkan Biara St Elia, biara tertua dari jenisnya yang ada di Irak, telah rata dengan tanah.

"Sejarah Kristen kami di Mosul secara biadab sedang diratakan. Kami melihatnya sebagai upaya untuk mengusir kami dari Irak, menghilangkan dan menghabisi keberadaan kami di negeri ini," kata imam Katolik yang berbasis di Irak, Pendeta Rev Paul Thabit Habib, seperti dikutip dari laman Independent, Rabu (20/1/2016).

Menurut analis gambar, Stephen Wood, pembongkaran terhadap Biara St Elia tampaknya dilakukan diantara bulan Agustus dan September 2014 tahun lalu. Gambar citra satelit menunjukkan dinding-dinding batu Biara St Elia telah benar-benar dihancurkan.

"Buldoser, alat berat, palu, dan juga mungkin bahan peledak telah digunakan untuk untuk menghancurkan dinding-dinding batu ini menjadi debu abu-abu putih. Mereka telah menghancurkan sepenuhnya," kata Wood.

ISIS memang kerap menghancurkan sejumlah bangunan bersejarah. Mereka menganggapnya sebagai berhala yang harus dihancurkan. Aksi penghancuran mereka yang terkenal adalah saat mereka menghancurkan kota kuno Palmyra di Suriah pada Agustus 2015 lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4569 seconds (0.1#10.140)