RI Sambut Baik Implementasi Penuh Kesepakatan Nuklir Iran

Selasa, 19 Januari 2016 - 16:55 WIB
RI Sambut Baik Implementasi...
RI Sambut Baik Implementasi Penuh Kesepakatan Nuklir Iran
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyambut baik implementasi penuh kesepakatan nuklir Iran. Beberapa waktu lalu, Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) telah memverifikasi bahwa Iran telah secara penuh menjalankan kesepakatan yang dicapai pada akhir tahun 2015 itu.

Melalui sebuah pernyataan yang diterima Sindonews pada Selasa (19/1), Kemlu menuturkan implementasi penuh dari kesepakatan tersebut adalah bukti bahwa diplomasi dapat digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah besar.

"Pemerintah Indonesia menyambut baik laporan IAEA yang menegaskan bahwa Iran telah menyelesaikan sejumlah langkah persiapan untuk memulai implementasi Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) program nuklir Iran sebagai hasil perundingan antara Iran dan negara-negara P5+1 (Tiongkok, Perancis, Jerman, Rusia, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa)," bunyi pernyataan Kemlu.

"Implementasi JCPOA merupakan bukti keberhasilan diplomasi dan dialog dalam menyelesaikan masalah secara damai. Indonesia mengharapkan implementasi JCPOA dapat terjaga dengan baik sesuai kesepakatan. Implementasi JCPOA juga diharapkan menjadi lembaran baru bagi Iran untuk meningkatkan kontribusi terhadap perdamaian dan kesejahteraan dunia," sambungnya.

Sebagai "hadiah" dari dipenuhinya kesepakatan tersebut, sanksi ekonomi dan berbagai embargo yang selama ini membelit Iran akhirnya dicabut. Uni Eropa dan Amerika Serikat adalah dua pihak yang pertama kali mencabut sanksi dan embargo terhadap Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0870 seconds (0.1#10.140)