Filipina Desak AS Gelar Patroli Bersama di LCS

Jum'at, 15 Januari 2016 - 21:13 WIB
Filipina Desak AS Gelar Patroli Bersama di LCS
Filipina Desak AS Gelar Patroli Bersama di LCS
A A A
MANILA - Juru bicara Kementerian Pertahanan Filipina telah meminta Amerika Serikat (AS) untuk mengadakan patroli Angkatan Laut bersama. Permintaan ini diajukan di tengah sengketa wilayah dengan China di Laut China Selatan (LCS).

"Kami menyarankan untuk melakukan patroli bersama-sama. Ada sebuah kebutuhan untuk kehadiran yang lebih kolaboratif di Laut China Selatan," kata Peter Paul Galvez seperti dikutip dari laman Reuters, Jumat (15/1/2016).

Sementara itu, Sekretaris Angkatan Laut AS, Ray Mabus, menggarisbawahi pentingan hubungan AS-Filipina. Namun, ia menolak untuk mengomentari permintaan Filipina untuk melakukan patroli bersama.

Sementara itu, seorang juru bicara Pentagon Bill Urban mengatakan, AS akan terlibat dalam berbagai kegiatan pertahanan sepanjang tahun ini dengan sejumlah sekutunya termasuk latihan, peningkatan kemampuan, pelatihan, dan berbagi intelijen.

"Untuk sementara, kita tidak mengomentari diskusi perencanaan bersama kami. Kami secara rutin mengevaluasi cara-cara untuk memperkuat dan meningkatkan kerjasama militer kami untuk lebih memenuhi tantangan keamanan regional," ucap Urban.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4208 seconds (0.1#10.140)