Ini Sosok al-Nimr, Tokoh Syiah yang Dieksekusi Saudi

Minggu, 03 Januari 2016 - 15:12 WIB
Ini Sosok al-Nimr, Tokoh Syiah yang Dieksekusi Saudi
Ini Sosok al-Nimr, Tokoh Syiah yang Dieksekusi Saudi
A A A
RIYADH - Hubungan Iran dengan Arab Saudi sontak menjadi tegang setelah Riyadh memutuskan mengeksekusi salah seorang ulama Syiah, Nimr al-Nimr atau yang nama lengkapnya Nimr al-Nimr Baqr. Lalu siapakah sebenarnya Nimr al-Nimr Baqr?

Nimr al-Nimr atau sering disebut sebagai Sheikh Nimr adalah seorang sheikh Syiah independen yang hidup di Al-Awamiyah, Provinsi Timur Arab Saudi. Ia dilahirkan pada tahun 1959, seperti dikutip dari Arab News, Minggu (3/1/2016).

Al-Nimr begitu populer di kalangan pemuda karena sikap kritisnya terhadap pemerintah Arab Saudi. Ia pernah menyerukan pemilu di Arab Saudi. Pada tahun 2009, ia mengkritik pemerintah Saudi dan menyarankan pemisahan diri jika hak-hak kelompok Syiah tidak dihormati. Hal ini berujung pada penangkapan dirinya bersama 35 orang lainnya.

Saat arus demonstrasi terjadi di Arab Saudi pada 2011-2012, al-Nimr menyerukan kepada demonstran untuk melawan pasukan keamanan menggunakan kata-kata daripada kekerasan. Oleh pihak keamanan, sosok al-Nimr pun dipandang sebagai pemimpin pemberontakan.

Pada 8 Juli 2012, al-Nimr ditembak di kakinya oleh polisi dan ditahan dalam sebuah insiden yang disebut oleh pihak kepolisian sebagai insiden tembak menembak.

Pada 15 Oktober 2014, al-Nimr dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Pidana Khusus dengan dakwaan melawan pemerintah dan mengangkat senjata melawan pasukan keamanan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5220 seconds (0.1#10.140)