AL Iran Uji Coba Roket dekat Kapal Induk AS

Rabu, 30 Desember 2015 - 13:59 WIB
AL Iran Uji Coba Roket dekat Kapal Induk AS
AL Iran Uji Coba Roket dekat Kapal Induk AS
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut (AL) Iran dilaporkan melakukan uji coba roket baru mereka di dekat tiga kapal perang Barat. Salah satu kapal yang berada di dekat lokasi uji coba AL itu adalah kapal induk Amerika Serikat (AS), USS Harry S Truman.

Menurut keterangan pejabat Kementerian Pertahanan AS, insiden itu terjadi pada Kamis pekan lalu. Insiden itu terjadi di selat Hormutz, selat yang memisahkan Iran dan Uni Emirats Arab (UEA).

"Meskipun roket-roket tersebut tidak ada yang mengarah kepada salah satu kapal, jarak uji coba yang terlalu dekat dengan kapal kami benar-benar memicu kekhwatiran," kata pejabat itu dalam kondisi anonim.

"Kami melihat uji coba roket ini, yang begitu dekat dengan kapal kami sebagai tindakan yang sangat provokatif," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (30/12). USS Truman diketahui hanya berjarak sekitar 1.500 meter dari lokasi uji coba roket AL Irak.

AL Iran sendiri diketahui sudah memberikan peringatan melalui radio kepada kapal yang berada di dekat selat Hormutz untuk segera menjauh, karena mereka akan melakukan serangkaian uji coba roket.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7739 seconds (0.1#10.140)