Eropa Waswas Teror Bom Selama Perayaan Tahun Baru 2016

Selasa, 29 Desember 2015 - 13:26 WIB
Eropa Waswas Teror Bom Selama Perayaan Tahun Baru 2016
Eropa Waswas Teror Bom Selama Perayaan Tahun Baru 2016
A A A
WINA - Sejumlah negara di Eropa mengeluarkan status siaga menjelang perayaan Tahun Baru 2016. Negara-negara di Eropa waswas terhadap teror bom atau penembakan setelah enam Minggu Kota Paris dilanda rentetan serangan mengerikan yang menewaskan 130 orang.


Austria misalnya, telah memperingatkan potensi teror bom selama pesta perayaan Tahun Baru 2016. ”Beberapa nama yang mungkin dari penyerang potensial disebutkan, yang diperiksa, dan diselidiki berdasarkan (pemeriksaan) sejauh ini tidak membuahkan hasil yang konkret,” kata Kepolisian Wina, dalam sebuah pernyataan, Selasa (29/12/2015).


Pada hari-hari sebelum Natal, peringatan dikirim oleh layanan (intelijen) untuk berbagai Ibu Kota di Eropa, yang mengatakan bahwa hal itu bisa datang pada serangan yang melibatkan bahan peledak atau penembakan antara hari Natal dan Tahun Baru dalam ruang yang penuh sesak,” lanjut pernyataan polisi mengutip keterangan intelijen.


Polisi meminta warga Austria untuk memahami tentang perlunya kontrol keamanan yang lebih ketat. Kontrol keamanan itu akan meliputi pengawasan di ruang yang penuh sesak, terutama di sebuah acara-acara yang ramai.”Serta pemeriksaan identitas secara intensif dan kewaspadaan yang lebih tinggi untuk benda yang bisa membawa bahan peledak seperti tas atau frame sepeda’,” lanjut pernyataan polisi, seperti dikutip Reuters.


Jerman juga memberlakukan hal serupa. Namun, pihak Kementerian Dalam Negeri Jerman menolak mengomentari situasi keamanan di negara itu. ”Jerman masih di garis pembidikan terorisjihadis',” kata pihak kementerian itu, melalui seorang juru bicara. Aparat keamanan Jerman telah memantau situasi untuk menjalankan langkah-langkah keamanan yang diperlukan menyusul serangan mengerikan di Paris.


Hal yangberbeda terjadi di London, di mana para pejabat Inggris menyerukan warga untuk merayakan Tahun Baru seperti biasa.
Kami tidak harus menjadikan ancaman terorisme untuk menakut-nakuti kami semua dengan mengubah kehidupan normal kami. Kami perlu untuk terus dengan perayaan kami,” kata Keith Vaz, politikus ternama di parlemen Inggris.


Mengingat iklim saat ini, tentu saja kita harus ekstra waspada dan terus melindungi diri dengan baik, tetapi jika kita memberikan rasa takut, maka mereka (teroris) akan menang,” katanya lagi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7019 seconds (0.1#10.140)