NATO Sebar Pesawat Peringatan Dini di Turki

Minggu, 27 Desember 2015 - 14:15 WIB
NATO Sebar Pesawat Peringatan Dini di Turki
NATO Sebar Pesawat Peringatan Dini di Turki
A A A
BRUSSELS - NATO akan menempatkan pesawat peringatan dini Boeing E-3 Sentry di Turki sebagai bagian dari paket pertahanan udara untuk negara tersebut ditengah krisis yang melanda Suriah. Penyebaran pesawat militer ini akan dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Jerman.

"Sebuah relokasi sementera terhadap pesawat Boeing E-3 Sentry direncanakan dari pangkalan Geilenkirchen ke pangkalan udara Konya di Turki," kata Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan Jerman dalam surat yang ditujukan kepada parlemen Jerman seperti dikutip dari laman Sputniknews, Minggu (27/12/2015).

NATO sebelumnya telah sepakat untuk memberikan Ankara paket pertahanan udara yang akan mencakup pesawat pengintai AWACS, peningkatan patroli udara, dan meningkatkan kehadiran angkatan laut. (Baca juga: NATO Setuju Beri Bantuan Pertahanan Udara untuk Turki)

"Kami telah menyepakati paket langkah-langkah jaminan keamanan untuk Turki dalam pandangan situasi di kawasan itu tengah bergejolak," kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Seorang diplomat NATO dan para ahli militer mengatakan bahwa bantuan paket pertahanan udara itu dirancang untuk menghindari terulangnya insiden penembakan terhadap pesawat asing yang dilakukan oleh Turki.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5210 seconds (0.1#10.140)