Taliban Pakistan Tolak Klaim Al-Baghdadi Sebagai Khalifah

Minggu, 20 Desember 2015 - 17:43 WIB
Taliban Pakistan Tolak Klaim Al-Baghdadi Sebagai Khalifah
Taliban Pakistan Tolak Klaim Al-Baghdadi Sebagai Khalifah
A A A
ISLAMABAD - Kelompok Taliban Pakistan menolak klaim pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, sebagai khalifah atau pemimpin global umat Muslim. Pernyataan ini muncul menyusul penolakan serupa yang diumumkan oleh Taliban Afghanistan.

"Al-Baghdadi bukanlah Khalifah, karena dalam Islam Khalifah berarti ia memiliki perintah atas seluruh umat Muslim di dunia. Sementara Baghdadi tidak memiliki perintah seperti itu. Ia hanya memiliki perintah kepada orang-orang dan wilayah tertentu," bunyi pernyataan kelompok Taliban Pakistan seperti dikutip dari Reuters, Minggu (20/12/2015).

Menurut kelompok Taliban Pakistan, Baghdadi bukanlah seorang khalifah karena proses penunjukkan dirinya tidak sesuai dengan aturan Islam. Selain itu, Baghdadi hanya memiliki sedikit kontrol di negara-negara Muslim seperti Mesir, Libya, Yaman dan Afghanistan. Tidak hanya itu, mereka juga mengutuk kebiadaban yang dilakukan oleh ISIS.

"Khalifah Baghdadi tidak Islami karena dalam kekhalifahan nyata, Anda memberikan keadilan yang nyata sedangkan pria yang bernama Baghdadi membunuh banyak mujahidin yang tidak bersalah dari kelompok lain," tegas mereka.

Kelompok Taliban Pakistan secara operasional terpisah dengan kelompok pemberontak Afghanistan, yang memiliki nama yang sama. Meski begitu, mereka tetap berafiliasi dengan saudaranya dari Afgahnistan tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5591 seconds (0.1#10.140)