Turki Sebut Irak Merusak Perang Melawan ISIS

Sabtu, 19 Desember 2015 - 14:25 WIB
Turki Sebut Irak Merusak...
Turki Sebut Irak Merusak Perang Melawan ISIS
A A A
NEW YORK - Turki menyesali keputusan Irak yang mengadukan Ankara ke PBB terkait penyebaran pasukan di wilayah Mosul, Irak. Sikap Irak itu disebut Turki telah merusak perjuangan melawan ISIS.

Duta Besar Turki untuk PBB, Halit Cevik mengatakan, pengaduan terhadap penyebaran pasukan Turki telah keluar dari konteks. Pasalnya, pasukan yang dikirim untuk memberikan perlindungan kekuatan karena ancaman dari ISIS terus meningkat.

Cevik mengatakan, Ankara percaya telah mengambil langkah-langkah yang cukup untuk meredakan situasi sehingga bisa fokus dalam memerangi ISIS yang mencaplok sejumlah wilayah Irak dan Suriah.

"Dari awal kami mencoba untuk menyelesaikan masalah ini melalui saluran bilateral. Karena menyelesaikan permasalahan ini melalui berbagai platform internasional justru akan melemahkan solidaritas masyarakat internasional terhadap ISIS," kata Cevik dalam pertemuan di Dewan Keamanan PBB, dikutip dari Reuters, Sabtu (19/12/2015).

Cevik pun menegaskan jika negaranya tidak pernah memiliki dan tidak akan pernha memiliki kepentingan dalam melanggar kedaulatan Irak sebagai suatu negara yang merdeka.

Turki mengerahkan 150 tentara ke wilatah Mosul pada awal bulan ini. Mereka mengatakan bahwa pengerahan pasukan itu untuk melatih pasukan Kurdi. Namun, kebijakan Turki memantik amarah dari Irak dan meminta mereka untuk menarik seluruh pasukannya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)