Rekrut Militan, ISIS Luncurkan Radio 'Voice of Khilafah' di Afghanistan

Kamis, 17 Desember 2015 - 14:48 WIB
Rekrut Militan, ISIS Luncurkan Radio Voice of Khilafah di Afghanistan
Rekrut Militan, ISIS Luncurkan Radio 'Voice of Khilafah' di Afghanistan
A A A
JALALABAD - Kelompok ISIS telah meluncurkan sebuah stasiun radio di Afghanistan untuk merekrut militan baru. Stasiun radio bernama “Voice of Khilafah” itu menyiarkan propaganda dan seruan bagi orang-orang di Provinsi Nangarhar timur untuk bergabung dengan ISIS.

Pemerintah setempat tidak dapat melacak lokasi dari mana militan ISIS atau Daesh melakukan siaran.. Tapi, warga di seluruh Jalalabad, Ibu Kota Provinsi Nangarhar, bisa menyetel program radio itu.

Jelas mereka memiliki radio sendiri dan saya pikir itu mengudara pada 90FM dan melakukan terlalu banyak propaganda anti-pemerintah,” kata anggota Dewan Provinsi, Nasir Kamawal, kepada Tolo News, Kamis (17/12/2015).

Otoritas pemerintah takut teknik perekrutan terbaru oleh kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) itu akan lebih efektif, karena pesan langsung mencapai massa. Warga juga khawatir bahwa pemuda yang menganggur mungkin terjebak dalam seruan perekrutan ISIS.


Pemerintah harus menutup stasiun radio itu karena radio tersebut benar-benar memiliki efek pada pemuda,” kata seorang penduduk setempat yang menolak diidentifikasi. Munculnya radio itu juga berpotensi memicu kemarahan Taliban Afghanistan, karena ISIS bisa menjadi kelompok pesaing di negara itu.

Kedua kelompok militan itu dilaporkan pernah terlibat bentrok di wilayah Afghanistan beberapa waktu lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2233 seconds (0.1#10.140)