Korsel Tak Percaya Korut Punya Bom Hidrogen

Kamis, 10 Desember 2015 - 18:43 WIB
Korsel Tak Percaya Korut...
Korsel Tak Percaya Korut Punya Bom Hidrogen
A A A
SEOUL - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) tidak percaya bahwa tetangga mereka Korea Utara (Korut) sudah memiliki bom hidrogen. Rasa tidak percaya ini muncul karena Korsel mengaku terus memantau perkembangan Korut, dan tidak pernah menemukan adanya tanda-tanda Korut mengembangkan bom hidrogen.

"Tidak ada bukti bahwa Korut sudah memiliki bom hidrogen, apa yang diutarakn oleh Kim Jong-un hanyalah sebuah retorika," kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel dalam kondisi anonim, seperti dilansir Reuters pada Kamis (10/12).

Pemimpin Korut Kim Jong-un memang menjadi orang yang menngungkapkan bahwa negaranya saat ini telah memiliki bom hidrogen. Bom tersebut menurut Jong-un bisa digunakan bersama dengan hulu ledak nuklir.

Menurut Jong-un, dengan kepemilikan bom ini, Korut kini menjadi negara nuklir yang kuat. Pernyataan itu muncul setelah pemimpin muda Korut itu memeriksa pabrik senjata yang di-upgrade di Pyongyang pada hari ini.

Sebelumnya, Pengamat dari Middlebury Institute of International Studies, Jeffrey Lewis juga turut meragukan bahwa Korut sudah memiliki senjata hidrogen saat ini. Namun, dirinya menyebut di masa depan tidak menutup kemungkinan Korut benar-benar akan memiliki bom tersebut, jika mereka terus melakukan pengembangan dan uji coba.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)