Kapal Selam Siluman Rusia Berada di Laut Mediterania

Selasa, 08 Desember 2015 - 18:14 WIB
Kapal Selam Siluman Rusia Berada di Laut Mediterania
Kapal Selam Siluman Rusia Berada di Laut Mediterania
A A A
MOSKOW - Sebuah sumber di Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, sebuah kapal selam canggih kelas kilo milik Kremlin telah berada di dekat pantai Suriah. Kapal selam bertenaga diesel yang diberi nama Rostov on Don ini membawa rudal jelajah buatan Rusia yang modern, Kalibr.

Seperti dikutip dari laman Russian Today, Selasa (8/12/2015), laporan ini tidak dibantah atau pun tidak dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Rusia sendiri sebelumnya sempat menghajar sejumlah target milik ISIS dengan rudal jelajah Kalibr dari kapal perang yang ada di Laut Kaspia pada awal Oktober.

Kapal selam Rostov on Don adalah model trade-off pertama dari kapal selam generasi ketiga dari kelas Varshavyanka. Kapal selam ini bertenaga diesel dengan sistem stealth ini diyakini sebagai kapal selam paling tenang di dunia.

Ukurannya yang relatif kecil sangat membantu kapal ini dalam bermanuver di perairan dangkal.
Kapal selam ini dipersenjatai dengan torpedo 533mm dan dilaporkan dilengkapi dengan rudal jelajah Kalibr-PL yang telah dimodifikasi untuk kapal selam.

Kapal berbobot 4.000 ton ini mampu mencapai kecepatan 20 knot dibawah air dan mampu menyelam hingga kedalaman 300 meter.

Kapal ini mengangkut 52 orang dan bisa menghabiskan waktu selama 45 hari di laut sebelum pergi ke pelabuhan. NATO menyebut kapal selam siluman ini sebagai jenis kapal selam Black Hole karena kemampuannya menyelam tanpa terdeteksi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6942 seconds (0.1#10.140)