Tentara Turki Latih Pejuang Kurdi di Mosul

Sabtu, 05 Desember 2015 - 20:56 WIB
Tentara Turki Latih...
Tentara Turki Latih Pejuang Kurdi di Mosul
A A A
ANKARA - Seorang pejabat senior Turki mengatakan, ratusan tentara Turki dikerahkan ke kota Mosul, Irak, untuk melatih pasukan Kurdi, Peshmerga.

Turki memiliki hubungan yang dekat dengan zona otonomi Kurdi di Irak Utara, meskipun memandang kelompok Kurdi Suriah yang melintasi perbatasan sebagai kelompok musuh.

"Ini adalah bagian dari perang melawan Daesh," katanya menggunakan akronim ISIS dalam bahasa Arab, seperti dikutip dari laman Reuters, Sabtu (5/12/2015). Ia juga mengatakan, ada sekitar 20 kendaraan lapis baja yang menyertai pasukan Turki sebagai perlindungan.

Sebelumnya, Pemerintah Irak marah dan menuntut penarikan ratusan tentara Turki di Mosul, wilayah Irak yang dikuasai ISIS. Irak menganggap Turki melakukan invasi dengan mengerahkan ratusan tentaranya untuk melatih para milisi bersenjata.

”Angkatan bersenjata Turki yang terletak dekat Mosul telah menginvasi negeri ini tanpa izin dan mereka harus segera pergi,” bunyi pernyataan dari layanan pers kantor Perdana Menteri Irak Haider Abadi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0626 seconds (0.1#10.140)