Putin: Allah Hukum Pemimpin Turki dengan Hilangkan Pikiran Mereka

Kamis, 03 Desember 2015 - 17:12 WIB
Putin: Allah Hukum Pemimpin Turki dengan Hilangkan Pikiran Mereka
Putin: Allah Hukum Pemimpin Turki dengan Hilangkan Pikiran Mereka
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa, Allah tampaknya memutuskan untuk menghukum para pemimpin Turki dengan membuat mereka kehilangan pikirannya. Putin tak habis pikir mengapa pesawat jet pembom Su-24 Rusia yang memerangi teroris justru ditembak jatuh Turki.

Menurut Putin, setiap negara yang beradab pasti mengambil bagian dari tugas untuk mengalahkan teroris. ”Saya tidak mengerti mengapa mereka (menembak jatuh jet bomber Su-24 Rusia di Suriah). Setiap masalah, bisa ditangani dengan cara yang berbeda,” kata Putin, Kamis (3/12/2015), seperti dikutip Sputnik.

Moskow telah melakukan serangan udara terhadap kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan kelompok teror lain di Suriah atas permintaan resmi Presiden Suriah Bashar Assad sejak tanggal 30 September 2015.

Pada tanggal 24 November 2015 lalu, sebuah serangan pesawat jet pembom Su-24 Rusia ditembak dengan rudal udara oleh pesawat F-16 Turki. Ankara beradalih pesawat Su-24 Rusia melanggar wilayah udaranya. Tapi, Moskow menyangkalnya dengan menegaskan pesawat pembom itu tidak pernah meninggalkan wilayah udara Suriah.

Putin melanjutkan bahwa Presiden Turki, Tayyip Erdogan, akan menyesali apa yang telah dilakukannya. Menurutnya, Turki tidak bukan sekadar menderita dengan tidak bisa mengekspor tomat ke Rusia setelah menembak jatuh pesawat pembom Su-24, tapi ada derita lain yang pasti dialami Turki.

“Turki tidak hanya akan menderita akibat soal tomat, dan soal perusahaan konstruksi. Turki akan menyesal berkali-kali soal apa yang telah dilakukan,” kata Putin memperingatkan Ankara.

Kabinet Rusia pada 30 November 2015 menyetujui daftar produk pertanian, bahan baku dan makanan yang berasal dari Turki yang akan dilarang diimpor ke Rusia dimulai pada tanggal 1 Januari 2016.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6381 seconds (0.1#10.140)