Jet-jet Tornado Inggris Mulai Bombardir ISIS di Suriah

Kamis, 03 Desember 2015 - 12:21 WIB
Jet-jet Tornado Inggris Mulai Bombardir ISIS di Suriah
Jet-jet Tornado Inggris Mulai Bombardir ISIS di Suriah
A A A
LONDON - Pesawat-pesawat jet pembom Tornado Inggris meluncurkan serangan udara untuk pertama kalinya terhadap basis-basis ISIS di Suriah, Kamis (3/12/2015). Jet-jet Tornado Inggris beraksi beberapa jam setelah Parlemen menyetujui misi tempur Inggris di Suriah.

Misi tempur Inggris di Suriah mengabaikan protes yang berlangsung di London pada saat ini. Serangan militer Inggris di Suriah atas usulan langsung Perdana Menteri David Cameron.

”Serangan tu dilakukan di Suriah," kata sumber pemerintah, yang berbicara tanpa menyebut nama, seperti dikutip Reuters. Belum ada laporan tentang hasil serangan perdana Inggrisn terhadap kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah.

Hasil pemungutan suara di parlemen Inggris menunjukkan 397: 223 anggota parlemen telah memutuskan untuk menyetujui serangan udara terhadap ISIS di Suriah. Menteri Luar Negeri bayangan Hilary Benn, dengan penuh semangat mendukung langkah agresi Inggris itu. Dia menentang pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn dan mendukung penuh usulan PM David Cameron.

Dari kubu Partai Buruh sendiri, sebanyak 67 suara anggota parlemen mendukung serangan Inggris di Suriah. Menurut Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, serangan perdana di Suriah sudah berlangsung cepat, karena pesawat-pesawat jet pembom Tornado sudah ditempatkan di Timur Tengah sejak Inggris meluncurkan agresi terhadap ISIS di Irak.

”Serangan udara saja tidak akan membereskan ISIS,” katanya. ”Tetapi mereka dari waktu ke waktu akan melemahkan ISIS dan memaksa perubahan dalam perilakunya,” lanjut dia.

Menurutnya, untuk mengusir ISIS dai Raqqa, Suriah butuh juga serangan darat. ”Pada akhirnya akan perlu serangan darat di Raqqa,” ujarnya.”Itu akan muncul dalam beberapa bulan atau mungkin (beberapa) tahun.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6297 seconds (0.1#10.140)
pixels