Perang Jadi Judul Media-media Prancis untuk Teror Paris

Sabtu, 14 November 2015 - 16:19 WIB
Perang Jadi Judul Media-media Prancis untuk Teror Paris
Perang Jadi Judul Media-media Prancis untuk Teror Paris
A A A
PARIS - Media-media di Prancis rata-rata menggunakan judul “perang” untuk menggambarkan situasi rentetan teror yang menewaskan ratusan orang. Ada juga media di negara itu yang mengutuk gelombang serangan itu dengan menyebutnya sebagai aksi barbar teroris.


Le Parisien, salah media utama di Paris menulis “This time it’s war” sebagai judul berita utama untuk rentetan teror di Paris yang terjadi Jumat malam. Hingga hari ini (14/11/2015), jumlah korban tewas dilaporkan mencapai 153 orang.

Media Prancia lainnya, Le Figaro mencantumkan judul headlineWar in central Paris". Banyak media di negara itu menyerukan persatuan dari rakyat Prancis yang sejatinya belum pulih dari kenangan kelam atas rentetan serangan bulan Januari lalu yang menewaskan 17 orang. Serangan bulan Januari itu termasuk yang menyasar kantor majalah Charlie Hebdo.


”Atas nama para martir sejati kemarin, korban yang tidak bersalah dan atas nama Republik, Prancis akan dapat tetap bersatu dan berdiri bersama-sama,” tulis surat kabar Le Parisien.

Sedangkan surat kebar berhaluan kiri, Liberation, menulis; “Barbarisme teroris telah melintasi garis bersejarah.” Media itu menyerukan Pemerintah Prancis bertindak tegas.

”Tidak mungkin untuk tidak menghubungkan peristiwa berdarah dengan pertempuran berkecamuk di Timur Tengah. Prancis memainkan perannya di sana. Ini harus terus dilakukan tanpa berkedip,” pemimpin redaksi koran itu, Laurent Joffrin, dalam editorialnya.

Harian olahraga L'Equipe menulis satu kata dalam judul berita utamanya; "L'Horreur" (Horor), di halaman depan yang berwarna hitam.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4132 seconds (0.1#10.140)