Kamp Pengungsi Suriah di Prancis Terbakar setelah Teror Paris

Sabtu, 14 November 2015 - 14:26 WIB
Kamp Pengungsi Suriah di Prancis Terbakar setelah Teror Paris
Kamp Pengungsi Suriah di Prancis Terbakar setelah Teror Paris
A A A
PARIS - Kamp pengungsi di Calais, Paris, yang dihuni ribuan warga Suriah dan Afrika Utara terbakar sesaat setelah rentetan teror di Paris yang merenggut lebih dari 100 orang.

Sejumlah foto kebakaran di kamp pengungsi itu beredar di media sosial. Kelompok anti-migran yang dikenal sebagai “The Angry from Calais” juga mem-posting video kebakaran kamp pengungsi itu di Facebook.

Menurut laporan Daily Mirror, Sabtu (14/11/2015), video yang diunggah itu menunjukkan kendaraan layanan darurat tiba di kamp yang menampung sekitar 6 ribu migran asal Suriah dan Afrika Utara.

Belum ada penjelasan dari otoritas Prancis apakah kebakaran di kamp pengungsi Suriah itu terkait dengan rentetan serangan mengerikan di Paris.

Namun, dalam beberapa hari terakhir telah terjadi ketegangan yang berujung bentrok di kamp pengungsi antara para pengungsi dengan polisi Prancis.

Rentetan serangan di Paris dan sekitarnya terjadi di enam wilayah. Yang terparah adalah serangan di Teater Bataclan di mana sekitar 112 orang tewas yang sebagian besar korban dieksekusi dengan tembakan AK-47 oleh para penyerang. Serangan lain, termasuk bom juga terjadi di beberapa wilayah dengan korban tewas lebih dari 40 orang.

Presiden Prancis, Francois Hollande, berada di dalam stadion sepak bola saat rentetan serangan terjadi. Dia kemudian dievakuasi ke Kantor Kementerian Dalam Negeri.

”Ini adalah kesulitan yang mengerikan. Kami tahu siapa teroris ini. Kami tahu mereka datang untuk kita. Kami harus menunjukkan persatuan dan kami tetap tenang. Prancis harus besar dan kuat,” katanya.

”Ini adalah sesuatu yang tak harus ditakuti. Prancis harus kuat. Teroris ingin kita menjadi takut. Dalam menghadapi teror kita harus bersatu,” lanjut Hollande. ”Kami akan mengatasi teroris ini. Hidup Perancis.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7249 seconds (0.1#10.140)