Iran Siap Penuhi Kewajiban Perjanjian Nuklir

Kamis, 05 November 2015 - 19:01 WIB
Iran Siap Penuhi Kewajiban Perjanjian Nuklir
Iran Siap Penuhi Kewajiban Perjanjian Nuklir
A A A
TOKYO - Kepala Organisasi Energi Atom Iran, Ali Akbar Salehi mengatakan, Teheran akan memenuhi komitmennya berdasarkan perjanjian nuklir internasional. Langkah ini dilakukan Iran agar bisa mengakhiri sanksi yang telah dijatuhkan negara Barat.

"Apapun perintah Presiden, kami pasti mampu melakukannya," kata Salehi saat berpidato dalam pertemuan dengan diplomat dan sejumlah eksekutif bidang energi di Tokyo, Jepang, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (5/11/2015).

Berdasarkan perjanjian nuklir internasional, Iran diharuskan untuk membongkar sebagian program nuklirnya dengan konsekuensi pencabutan sanksi internasional. Hal itu dikarenakan, Iran dicurigai tengah menjalankan proyek senjata nuklir, meski hal itu berulang kali dibantah oleh Teheran.

"Sejauh ini terkait pembongkaran sentrifugal, kami telah mengantisipasinya dan tidak ada masalah tertentu. Sebab, kami telah melalui rutinitas ini beberapa kali dan para ahli serta insinyur kami dilatih dengan baik," kata Salehi.

Terkait isu reaktor Arak, yang harus dikonfigurasi ulang sehingga tidak dapat memproduksi senjata Nuklir, Salehi mengatakan Iran tengah menunggu dokumen resmi dari enam negara yang ikut menandatangani perjanjian nuklir tersebut.

"Sampai dokumen tersebut kami diterima, kami pasti tidak akan mengambil langkah-langkah vis a vis terkait penelitian reaktor Arak," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5869 seconds (0.1#10.140)