Iran Ancam Tarik Diri dari Pembicaraan Damai Suriah

Senin, 02 November 2015 - 22:10 WIB
Iran Ancam Tarik Diri...
Iran Ancam Tarik Diri dari Pembicaraan Damai Suriah
A A A
DUBAI - Iran mengancam akan menarik diri dari pembicaraan damai untuk mengakhiri konflik di Suriah. Langkah ini akan diambil Iran jika mereka terus menemukan “peran negatif” Arab Saudi dalam perundingan itu.

“Di putaran pertama perundingan, beberapa negara, terutama Arab Saudi memainkan peran negatif dan tidak konstruktif. Iran tidak akan berpartisipasi jika pembicaraan tidak bermanfaat," tegas Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian, seperti dikutip dari Reuters, Senin (2/11).

Pekan lalu, hampir dua 12 negara, termasuk Iran, Amerika Serikat dan Rusia, bertemu di Wina, Austria, untuk melakukan pembicaraan yang bertujuan mencari solusi untuk lebih dari empat tahun perang saudara di Suriah.

Dalam perundingan itu, Iran meyakinkan dunia, kalau mereka tidak akan selamanya mendukung rezim Bashar al-Assad. Iran mengaku akan mengakhiri dukungan pada Assad seiring dengan berakhirnya masa transisi di Suriah. Sebelumnya, Iran mengusulkan 6 bulan masa transisi di Suriah.

Perundingan di Wina ini adalah momen pertama perwakilan Iran dan Saudi duduk dalam satu meja perundingan, sejak kedua negara berada dalam posisi yang berseberangan di konflik Suriah. Iran dan Rusia berada di belakang rezim Assad, sementara Arab Saudi bersama Amerika Serikat di posisi pemberontak Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)