Rusia Tembakkan Rudal Balistik dan Jelajah di Seluruh Negeri

Sabtu, 31 Oktober 2015 - 11:34 WIB
Rusia Tembakkan Rudal Balistik dan Jelajah di Seluruh Negeri
Rusia Tembakkan Rudal Balistik dan Jelajah di Seluruh Negeri
A A A
MOSKOW - Rusia telah melakukan tes besar-besaran terhadap pasukan rudal strategis dengan menembakkan banyak rudal balistik dan jelajah dari berbagai daerah pelatihan di seluruh negeri. Video uji coba rudal secara besar-besaran itu diunggah secara resmi oleh Departemen Pertahanan Rusia hari Jumat (30/10/2015.

Meski aksi itu merupakan latihan rutin tahunan, namun manuver kemarin dianggap yang terbesar. Tujuan uji coba besar-besaran itu untuk menguji sistem komando transmisi antar-departemen dan menguji kemampuan militer di darat, laut dan di udara.

”Latihan ini menguji keandalan berlalunya perintah pelatihan tempur dan sinyal sepanjang komando vertikal dari Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Rusia ke titik komando formasi dan unit militer,” bunyi siaran pers bersama Kementerian Pertahanan dan Departemen Informasi Rusia, seperti dikutip Russia Today.

Latihan itu melibatkan peluncuran rudal jelajah Kalibr dari Armada Laut Kaspia. Kapal selam nuklir di Laut Barent dan Laut Okhotsk juga menembakkan rudal balistik antarbenua. Selain itu, sebuah rudal Topol berbasis darat juga diluncurkan dari situs roket Plesetsk.

”Rudal strategis kapal penjelajah bawah laut Bryansk dari Armada Utara dan Armada Pasifik Podolsk telah meluncurkan rudal balistik dari Laut Barents dan Laut Okhotsk,” lanjut keterangan Kementerian Pertahanan.

Kehebatan rudal jelajah Kalibr pernah ditunjukkan Angkatan Laut Rusia di Laut Kaspia selatan saat menyerang basis-basis ISIS di Suriah beberapa waktu lalu. Kala itu, kapal perang Rusia menembakkan 26 rudal jelajah Kalibr yang melintasi langit Irak dan Iran sebelum mengenai target di Suriah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5018 seconds (0.1#10.140)