Rapper Jerman yang Gabung ISIS Tewas Diserang Amerika

Jum'at, 30 Oktober 2015 - 14:06 WIB
Rapper Jerman yang Gabung ISIS Tewas Diserang Amerika
Rapper Jerman yang Gabung ISIS Tewas Diserang Amerika
A A A
WASHINGTON - Denis Cuspert, penyanyi rap (rapper) Jerman yang telah bergabung dengan ISIS tewas oleh serangan udara Amerika Serikat di Suriah. Cuspert pernah muncul dalam video dengan membuat anacaman akan membunuh Presiden Barack Obama.

Cuspert menyebut dirinya sebagai Deso Dogg saat jadi penyanyi rap di Berlin. Dia menjadi salah satu warga Barat yang pergi ke Timur Tengah untuk bergabung dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

”Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa pada 16 Oktober serangan di dekat Raqa menewaskan Denis Cuspert,” kata juru bicara Departemen Pertahanan AS, Elissa Smith, seperti dikutip Guardian, Jumat (30/10/2015).

Cuspert bergabung dengan ISIS pada tahun 2012 dan pernah muncul dalam berbagai video. Salah satunya video yang dirilis ISIS pada November 2014, di mana dia memegang kepala seorang pria yang dia klaim telah diekskusi karena menentang ISIS.

Pejabat Pentagon lainnya menyatakan Cuspert tidak dianggap sebagai target bernilai tinggi. Pentagon tidak secara khusus menargetkannya.

Berita kematian Cuspert pernah muncul pada April 2014, namun kelompok militan ISIS membantahnya. Cuspert yang mengganti nama menjadi Abu Thalhah al-Almani juga pernah terdaftar sebagai pendukung Al-Qaeda. Namun, dia telah bersumpah setia kepada pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi dan menjadi kepala perekrut militan ISIS asal Jerman.

Menurut Smith, Cuspert selain mengancam akan membunuh Obama, dia juga menyerukan warga Muslim Barat melakukan serangan atas nama ISIS.

”Cuspert adalah seorang militan teroris asing dan operator ISIS yang menggunakan media sosial untuk memanfaatkan pemuda Barat yang tidak puas dan berptensi untuk direkrut,” kata Smith.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6998 seconds (0.1#10.140)
pixels