Oposisi dan Pemberontak Suriah Tidak Diundang ke Wina

Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:35 WIB
Oposisi dan Pemberontak Suriah Tidak Diundang ke Wina
Oposisi dan Pemberontak Suriah Tidak Diundang ke Wina
A A A
DAMASKUS - Sejumlah negara menyatakan kesediaannya untuk menghadiri pembicaraan damai Suriah. Namun anehnya, pembicaraan damai itu tidak melibatkan kelompok utama oposisi politik maupun kelompok pemberontak bersenjata Suriah.

Sedangkan Pemerintah Suriah sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait pertemuan yang dihadiri oleh negara-negara yang pro dan kontra dengan Presiden Bashar al-Assad tersebut.

Angota Koalisi Nasional Suriah, salah satu kelompok oposisi Suriah, George Sabra menyayangkan hal ini dan menunjukkan ketidakseriusan untuk meredakan konflik di Suriah.

"Ini adalah titik kelemahan yang besar dalam pertemuan tersebut, karena akan membahas isu-isu mengenai Suriah tanpa kehadiran pihak yang bertikai," ujarnya seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (29/10/2015).

Sementara anggota Angkatan Darat Yarmouk, kelompok yang berafiliasi dengan Tentara Pembebasan Suriah, Bashar al-Zoubi mengatakan, perwakilan dari kelompok bersenjata oposisi tidak diundang ke pertemuan Wina. Ia pun menyayangkan keberadaan Iran dalam pembicaraan itu.

"Iran adalah bagian dari masalah dan bukan solusi, serta partisipasinya dalam pertemuan itu akan menjadi bukti bagi dunia. Pertemuan ini diterima oleh Arab Saudi dan Turki untuk mengekspos Iran, tuturnya.

Hampir 12 negara, termasuk Iran dan Arab Saudi, akan mengikuti pembicaraan untuk mencari solusi politik bagi Suriah di Wina, Austria. Ini adalah pertemuan kedua setelah sebelumnya pertemuan yang sama dilakukan pada minggu lalu dengan diikuti oleh empat negara.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5676 seconds (0.1#10.140)