Partai Liberal Menangi Pemilu Kanada

Selasa, 20 Oktober 2015 - 17:32 WIB
Partai Liberal Menangi Pemilu Kanada
Partai Liberal Menangi Pemilu Kanada
A A A
MONTREAL - Partai Liberal Kanada yang dipimpin oleh Justin Trudeau, berhasil memenangkan Pemilihan Umum di negara itu dan mengakhiri hampir satu dekade pemerintahan Partai Konservatif. Dalam pidato kemenangannya, Trudeau mengatakan, Kanada telah mengirimkan pesan yang jelas, yaitu sebuah perubahan.

"Kami mengalahkan ketakutan dengan harapan, kami mengalahkan sinisme dengan kerja keras. Kebanyakan dari kita semua mengalahkan gagasan bahwa Kanada harus puas dengan kekurangannya. Inilah yang bisa dilakukan oleh politik postif," katanya seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (20/10/2015).

Sejumlah pengamat telah meramalkan kemenangan Partai Liberal. Mereka berhasil memenangkan 184 kursi di parlemen, melonjak jauh dari hanya 36 kursi yang mereka dapatkan pada tahun 2011 lalu. Mereka menjadi partai pertama yang mampu menyodok dari peringkat ketiga pada pemilu sebelumnya, menjadi mayoritas di Parlemen dalam satu pemilu.

Dalam kampanyenya, Trudeau menjanjikan perubahan di Kanada. Ia juga akan memperbaiki hubungan dengan pemerintahan Obama, menarik Kanada dari misi memerangi ISIS, mendukung bantuan kemanusiaan dan pelatihan serta mengatasi perubahan iklim.

Sementara itu, Perdana Menteri incumbent Kanada, Stephen Harper menerima kekalahannya dan akan mengundurkan diri sebagai pucuk pimpinan Partai Konservatif Kanada, dimana mereka harus kehilangan 13 kursi di Parlemen Kanada.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6555 seconds (0.1#10.140)