Turki Ancam Tembak Jatuh Pelanggar Wilayah Udara

Minggu, 18 Oktober 2015 - 12:06 WIB
Turki Ancam Tembak Jatuh Pelanggar Wilayah Udara
Turki Ancam Tembak Jatuh Pelanggar Wilayah Udara
A A A
ISTANBUL - Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu menegaskan, pihaknya tidak akan ragu menembak jatuh pesawat yang kedapatan melanggar batas wilayah udaranya. Hal itu dikatakannya pasca Turki menembak jatuh sebuah pesawat nir awak tak dikenal di dekat perbatasan dengan Suriah.

"Kami telah menembak jatuh sebuah drone, kemarin. Kami akan memperlakukan hal yang sama terhadap pesawat. Aturan kami sangat jelas. Siapa pun yang melanggar perbatasan kami, kami akan memberikan mereka jawaban yang diperlukan," tegas Davutoglu seperti disalin dari laman Reuters, Minggu (18/10/2015).

Turki sendiri sebelumnya sempat bersitegang dengan Rusia. Hal ini dipicu insiden pesawat Rusia yang masuk ke dalam ruang wilayah Turki. Tidak hanya sekali, tetapi dua kali hal itu terjadi dalam waktu yang berdekatan.

Terakhir, militer Turkia mengaku menembak jatuh pesawat tak berawak setelah sebelumnya telah memberikan 3 kali peringatan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pesawat drone tersebut masuk hingga 3 km ke wilayah udara Turki. Saat ini, Turki masih menyelidiki dari mana pesawat drone tersebut berasal.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6503 seconds (0.1#10.140)