China Ajak ASEAN Latihan Maritim Bersama di Laut China Selatan

Jum'at, 16 Oktober 2015 - 21:33 WIB
China Ajak ASEAN Latihan Maritim Bersama di Laut China Selatan
China Ajak ASEAN Latihan Maritim Bersama di Laut China Selatan
A A A
BEIJING - China mengusulkan latihan maritim bersama dengan negara-negara Asia Tenggara di Laut China Selatan pada tahun 2016. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan China, Chang Wanquan, dalam pertemuan informal menteri pertahanan negara-negara sekitar Laut China Selatan.

Seperti dikutip dari laman BBC, Jumat (16/10/2015), Wanquan mengatakan, latihan maritim bersama itu nantinya akan dipusatkan pada penyelamatan di laut dan bantuan bencana. "Latihan akan menjadi salah satu cara untuk mencapai tujuan bersama memecahkan perselisihan dan mengendalikan risiko," begitu pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan China.

Usulan ini datang sepekan setelah Amerika Serikat (AS) mengumumkan tengah mempertimbangkan untuk mengirimkan kapal lautnya ke wilayah Laut China Selatan yang diklaim oleh China. Langkah ini dinilai adalah cara AS untuk menegur China atas klaimnya terhadap wilayah perairan internasional itu.

Beijing dituding telah melakukan militerisasi dan memperluas klaim maritimnya secara ilegal dengan melakukan reklamasi di sekitar pulau terumbu karang dan membangun landasan serta strukturnya. AS pun telah meminta China untuk menghentikan hal tersebut.

Namun China menegaskan bahwa hal itu dilakukan untuk mengembangkan wilayah kedaulatan dan pembangunan struktur adalah untuk tujuan sipil, seperti memancing dan penyelamatan maritim.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6574 seconds (0.1#10.140)