Jepang Pede Bantuan 'Cairan Ajaib' Bisa Usir Asap Indonesia

Jum'at, 16 Oktober 2015 - 14:26 WIB
Jepang Pede Bantuan Cairan Ajaib Bisa Usir Asap Indonesia
Jepang Pede Bantuan 'Cairan Ajaib' Bisa Usir Asap Indonesia
A A A
JAKARTA - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, percaya diri (pede) bahwa bantuan berupa cairan khusus bisa membantu Indonesia untuk mengatasi kebakaran hutan dan mengusir kabut asap.

Jepang telah menyerahkan bantuan “cairan ajaib” itu sebanyak dua ton hari ini (16/10/2015). ”Kami percaya bantuan zat ini sangat efektif untuk padamkan api. Kami mengirimkan 100 galon ke Palembang dan kami harap bantuan ini memberikan kontribusi besar bagi pemdaman api," kata Tanizaki kepada wartawan. (Baca: Bantu Indonesia Atasi Kabut Asap, Jepang Beri 2 Ton 'Cairan Ajaib')

Dubes Jepang itu mengatakan, “cairan ajaib” tersebut berupa cairan khusus yang dikembangkan oleh peneliti Jepang. "Ini adalah bahan khusus yang dibuat oleh Jepang, oleh ahli kimia kami,” ujar Tanizaki.

"Dia (ahli kimia) juga akan hadir di Palembang untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan cairan tersebut. Kami yakin cairan ini bisa mengalahkan api,” imbuh diplomat senior Jepang itu.

Cairan berwarna merah muda itu rencananya akan mulai didistribusikan esok hari ke Palembang. Rencananya, operasi penanganan kabut asap menggunakan cairan khusus dari Jepang itu akan selesai pada tanggal 19 Oktober 2015.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6051 seconds (0.1#10.140)