Bishop: Kekuatan Rusia Menurun, RI Salah Satu Kekuatan Dunia

Kamis, 15 Oktober 2015 - 14:59 WIB
Bishop: Kekuatan Rusia Menurun, RI Salah Satu Kekuatan Dunia
Bishop: Kekuatan Rusia Menurun, RI Salah Satu Kekuatan Dunia
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, pada Kamis (15/10/2015) mengatakan bahwa kekuatan Rusia menurun. Sebaliknya, China, India, Jepang dan Indonesia menjadi kekuatan dunia atau global.

Dalam sebuah forum di Washington, Bishop mengatakan, kebangkitan ekonomi Asia disertai dengan peningkatan kepentingan strategis, kekuatan militer dan “soft power”.

“Pada saat yang sama kekuasaan di tempat lain relatif menurun,” katanya kepada forum Centre for Strategic and International Studies. Namun, Bishop menegaskan analisanya itu tidak mengacu pada Amerika Serikat (AS) yang selama ini dipandang sebagai pemimpin global.

”Beberapa kekuatan menurun, dan tidak menampilkan ketegasan Presiden Putin yang lebih baru, saya akan menempatkan Rusia dalam kategori ini,” kata Bishop, seperti dikutip Sky News.

Bishop lantas menyampaikan data pangsa ekonomi global Rusia anjlok 1,6 persen. Hal itu menjadikan kekuatan ekonomi Rusia masuk di urutan ke-15 dunia. Kondisi itu berbeda dengan tahun 1980 di mana kekuatan ekonomi Rusia yang kala itu masih Uni Soviet ada di peringkat empat dunia dengan pangsa pasar global 7,7 persen.

Menurut Bishop, pamer kekuatan militer oleh Rusia dalam krisis Ukraina tidak menunjukkan kekuatan Rusia yang sebenarnya. Sedangkan perilaku China di panggung internasional lebih bernuansa, karena berusaha menjadi pemeran yang lebih besar dalam forum global seperti PBB.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8041 seconds (0.1#10.140)
pixels