Pesawat MH17 Ditembak Jatuh Rudal Buk Buatan Rusia

Selasa, 13 Oktober 2015 - 20:07 WIB
Pesawat MH17 Ditembak...
Pesawat MH17 Ditembak Jatuh Rudal Buk Buatan Rusia
A A A
AMSTERDAM - Dewan Keselamatan Belanda akhirnya mengumumkan hasil investigasi atas jatuhnya pesawat komersil Malaysia Airlines MH17 di wilayah Ukraina. Dalam laporannya Dewan Keselamatan Belanda menyatakan bahwa pesawat nahas itu ditembak jatuh oleh rudal Buk buatan Rusia.

"Sebuah hulu ledak 9n314m meledak di sisi kiri luar pesawat. Hal ini sesuai dengan jenis hulu ledak yang terpasang di dalam sistem rudal pertahanan udara Buk," kata Kepala Badan Keselamatan Tjibbe Joustra saat membacakan laporan akhir investigasi seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (13/10/2015). Ia juga menambahkan, pihak Rusia telah membantah jenis rudal yang digunakan tersebut. (Baca juga : Rusia Tuding Militer Ukraina Pelaku Penembakan MH17)

Joustra juga mengatakan, dalam pertemuan dengan pihak keluarga penumpang yang tidak terkena dampak serangan rudal tersebut diketahui jika mereka tewas akibat dekompresi mendadak pesawat dan kekurangan oksigen saat berada di ketinggian 33.000 kaki

Joustra mengumumkan hasil investigasi itu di pangkalan militer Gilze-Rijen. Dalam kesempatan itu ditampilkan juga kerangka pesawat nahas itu yang sudah dirakit kembali dari kepingan pesawat yang dibawa langsung dari Ukraina dengan susah payah.

Dewan Keselamatan Belanda juga menemukan fakta, bahwa Ukraina mempunyai alasan untuk menutup wilayah udara di zona konflik. Namun, larangan itu tidak digubris oleh 61 maskapai yang tetap melewati wilayah yang mempunyai potensi bahaya tersebut.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 diketahui mengalami kecelakan pada pada 17 Juli 2014. Pesawat tersebut tengah dalam perjalanan dari Amsterdam, Belanda, menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Seluruh penumpang dan kru pesawat yang berjumlah 298 orang tewas.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)