Desember, Taiwan Buka Kantor Perwakilan di Surabaya

Kamis, 08 Oktober 2015 - 23:38 WIB
Desember, Taiwan Buka Kantor Perwakilan di Surabaya
Desember, Taiwan Buka Kantor Perwakilan di Surabaya
A A A
JAKARTA - Taiwan berencana membuka kantor perwakilan mereka di Surabaya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan Taiwan untuk Indonesia, Lian Jen Chang pada saat perayaan hari nasional Taiwan yang ke 104 di Jakarta, Kamis (8/10/2015).

"Pagi tadi di Taiwan telah diumumkan, bahwa kami akan membangun perwakilan baru di Surabaya. Diharapkan kantor perwakilan tersebut akan selesai dan mulai beroperasi pada Desember mendatang," ujar Chang dalam pidatonya di perayaan tersebut.

Chang mengatakan, pembukaan perwakilan baru ini ditujukan untuk mengembangkan kerjasama Indonesia dan Taiwan, khususnya dalam bidang perdagangan. Namun, Taiwan tidak akan membuka kantor kedutaan di Surabaya, melainkan hanya kantor dagang yang merangkap sebagai konsulat.

Seperti diketahui, saat ini Indonesia dan Taiwan belum memiliki hubungan diplomatik, karena Indonesia menganut one China policy. Artinya, Indonesia hanya mengakui satu China, yakni Republik Rakyat China (RRC), sedangkan Taiwan dan Hong Kong dianggap bagian dari RRC. Oleh karena itu, Indonesia dan Taiwan hingga saat ini belum memiliki hubungan diplomatik.

Walaupun tidak memiliki hubungan diplomatik, Taiwan sendiri sejatinya adalah salah satu mitra terbesar Indonesia di kawasan Asia. Taiwan merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan berlibur masyarakat Indonesia. Selain itu, dari segi teknologi, Taiwan adalah salah satu negara yang paling banyak mengekspor gadget ke Indonesia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6056 seconds (0.1#10.140)