Tragedi Mina, Khamenei: Saudi Harus Tanggung Jawab

Jum'at, 25 September 2015 - 09:16 WIB
Tragedi Mina, Khamenei: Saudi Harus Tanggung Jawab
Tragedi Mina, Khamenei: Saudi Harus Tanggung Jawab
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyalahkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam tragedi melempar jumrah di Mina yang menewaskan 717 jamaah haji. Khamenei menuntut Saudi bertanggungjawab atas tragedi itu.

Dalam tragedi yang tercatat sebagai musibah terburuk dalam 25 tahun terakhir sepanjang pelaksanaan ibadah haji, ada lebih dari 100 jamaah haji asal Iran yang menjadi korban jiwa.

”Pemerintah Saudi harus menerima tanggung jawab atas insiden yang menyedihkan ini. Mismanajemen dan tindakan yang tidak tepat telah menyebabkan bencana ini,” kata Khamenei dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di website-nya, seperti dikutip Reuters, Jumat (25/9/2015). (Baca: Tragedi Mina, Iran Salahkan Saudi)

Sementara itu, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas tragedi itu. Dia langsung memerintahkan aparat berwenang untuk meninjau manajemen haji.

”Kami telah menginstruksikan pihak berwenang untuk meninjau operasi untuk meningkatkan perbaikan di tingkat organisasi dan manajemen untuk memastikan bahwa para tamu Tuhan melakukan ritual yang nyaman dan mudah,” kata Raja Salman. (Baca juga: Tragedi Mina Renggut 717 Jamaah Haji, Ini Kata Raja Salman)

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Mansour Turki, mengatakan, penyelidikan akan dilakukan untuk mengetahui penyebab penumpukan massa jamaah haji yang tidak biasa di lokasi kejadian kemarin. “Alasan untuk itu belum diketahui,” katanya dalam jumpa pers di Mina.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5390 seconds (0.1#10.140)