Tragedi Mina Renggut 453 Jamaah Haji, Iran Salahkan Saudi

Kamis, 24 September 2015 - 19:15 WIB
Tragedi Mina Renggut 453 Jamaah Haji, Iran Salahkan Saudi
Tragedi Mina Renggut 453 Jamaah Haji, Iran Salahkan Saudi
A A A
TEHERAN - Pemerintah Iran menyalahkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam tragedi lempar jumrah di Mina yang hingga saat ini merenggut 453 jamaah haji. Dari ratusan korban meninggal itu, 15 jamaah haji di antaranya berasal dari Iran.

Kepala Organisasi Haji Iran, Said Ohadi, mengatakan ada alasan yang tidak diketahui, mengapa dua jalur di sekitar lokasi melempar jumrah ditutup. ”Hal ini menyebabkan insiden tragis,” katanya di stasiun televisi negara Iran, seperti dikutip kantor berita IRNA, Kamis (24/9/2015).

Dengan penutupan dua jalur itu, kata Ohadi, hanya tersisa tiga jalur. ”Insiden hari ini menunjukkan salah urus dan kurangnya perhatian serius terhadap keselamatan jamaah. Tidak ada penjelasan lain. Para pejabat Saudi harus bertanggung jawab,” ujarnya.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian, mengatakan bahwa duta Arab Saudi akan dipanggil ke kementerian Luar Negeri di Teheran untuk menjelaskan tragedi itu.

”Kami tidak bisa acuh tak acuh terhadap perilaku yang tidak bertanggung jawab dari Arab Saudi ini. Ini akan ditangani melalui saluran diplomatik,” katanya.

”Para pejabat Arab Saudi bertanggung jawab atas kejadian ini dan mereka harus segera berusaha untuk mengambil langkah-langkah efektif untuk mengelola krisis yang ada dan memberikan keamanan penuh untuk jamaah,” imbuh dia.

Sementara itu, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum memberikan komentar terkait tuduhan salah urus dalam ritual ibadah seperti yang dilontarkan Iran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5215 seconds (0.1#10.140)