Penjaga Pantai Italia Selamatkan 4.700 Imigran dari Pantai Libya

Minggu, 20 September 2015 - 18:43 WIB
Penjaga Pantai Italia Selamatkan 4.700 Imigran dari Pantai Libya
Penjaga Pantai Italia Selamatkan 4.700 Imigran dari Pantai Libya
A A A
MILAN - Penjaga Pantai Italia mengatakan, hampir 4.700 imigran berhasil diselamatkan di lepas pantai Libya, pada Sabtu kemarin ketika mereka mencoba untuk mencapai Eropa. Meski begitu, korban jiwa tetap jatuh, dimana satu wanita dikabarkan tewas.

Penjaga pantai mengatakan, mereka telah melakukan koordinasi untuk melakukan 20 penyelamatan yang melibatkan banyak kapal untuk menyelamatkan 4.343 imigran yang datang dengan perahu karet dan tongkang. Dalam salah satu perahu karet, ditemukan jenazah seorang wanita.

Namun, pihak Penjaga Pantai tidak bisa memastikan penyebab kematian wanita tersebut. Selain itu, penjaga pantai juga menjemput 335 orang sebagai bagian dari misi penyelamatan yang dikoordinasikan dengan Yunani dan tengah diarahkan ke pelabuhan di Italia, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (20/9/2015).

Penyelamatan yang dilakukan oleh Penjaga Pantai Italia ini melibatkan Angkatan Laut, dokter dari lembaga kemanusiaan Without Borders, lembaga kemanusiaan Malta, perahu pedagang. Penyelamatan juga melibatkan kapal Kroasia yang berada di bawah misi penyelamatan Triton, dan Angkatan Laut Uni Eropa dari Jermna dan Inggris di bawah misi EUNAVFOR Med-Uni Eropa.

Puluhan ribu orang, terutama dari Afrika dan Timur Tengah, mencoba untuk menyebrangi laut Mediterania pada tahun ini. Mereka nekat melintasi laut yang berbahaya ini dengan menggunakan sebuah kapal kecil yang sebenarnya tidak cocok untuk digunakan.

Mereka berjuang untuk bisa mendapatkan suaka di Eropa setelah meninggalkan negaranya yang tengah dilanda perang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5940 seconds (0.1#10.140)