Dampak Gempa Turki-Suriah, Peringatan Tsunami Dikeluarkan di Italia

Senin, 06 Februari 2023 - 15:47 WIB
loading...
Dampak Gempa Turki-Suriah, Peringatan Tsunami Dikeluarkan di Italia
Orang-orang mencari korban melalui puing-puing setelah gempa bumi di Diyarbakir, Turki, 6 Februari 2023. Foto/REUTERS/Sertac Kayar
A A A
ROMA - Pihak berwenang Italia memperingatkan pantai negara itu dapat menghadapi gelombang tsunami yang dipicu gempa kuat yang merenggut ratusan nyawa di Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023).

Dalam pernyataan pada Senin, Departemen Perlindungan Sipil Italia mengatakan pemberitahuan tersebut didasarkan pada data yang diproses Pusat Peringatan Tsunami.

“Direkomendasikan menjauh dari daerah pesisir, untuk mencapai daerah terdekat yang lebih tinggi dan mengikuti indikasi dari otoritas setempat,” ungkap otoritas Italia.

Departemen memperingatkan, “Peringatan menunjukkan kemungkinan bahaya nyata bagi orang-orang di dekat pantai, terutama di daerah yang tidak terlalu tinggi, atau bahkan di bawah permukaan laut.”



“Bahkan gelombang setinggi hanya 0,5 meter dapat menghasilkan banjir yang berbahaya dan arus yang sangat kuat,” papar peringatan itu.

Serangkaian gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) melanda Turki tengah tak lama setelah pukul 04:00 Senin pagi.

Menurut Wakil Presiden Turki Fuat Oktay, bencana tersebut merenggut nyawa 284 orang, melukai 2.323 lainnya, dengan 1.710 bangunan hancur.

Di Suriah, menurut Kementerian Kesehatan negara itu, gempa tersebut menewaskan sedikitnya 237 orang, dengan 639 luka-luka.

Itu artinya jumlah korban tewas menjadi 521 orang di Turki dan Suriah. Adapun korban terluka di dua negara mencapai 2.962 orang.

Jumlah korban diperkirakan terus bertambah seiring proses pencarian dan penyelamatan korban.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)