Usaha Partai Republik AS Jegal Perjanjian Nuklir Gagal Total

Jum'at, 18 September 2015 - 15:59 WIB
Usaha Partai Republik...
Usaha Partai Republik AS Jegal Perjanjian Nuklir Gagal Total
A A A
WASHINGTON - Usaha Partai Republik Amerika Serikat (AS) untuk menjegal perjanjian nuklir Iran di Senat AS gagal total. Tawaran terakhir yang diajukan oleh partai oposisi ini untuk membatalkan perjanjian nuklir kembali digagalkan oleh Partai Demokrat.

Ini merupakan kemenangan besar pertama Presiden Barack Obama dalam enam tahun terakhir terkait kebijakannya di luar negeri. Dalam usaha terakhirnya, Partai Republik mencoba untuk mencegah Obama mencabut sanksi ekonomi bagi Iran. Iran dinilai masih harus diberi sanksi ekonomi hingga negara itu mau mengakui keberadaan negara Israel dan membebaskan warga AS yang ditahan.

Namun usaha ini kembali gagal, dimana hasil voting menunjukkan hasil 56-42 orang, sementara dibutuhkan setidaknya 60 suara agar usulan itu bisa diterima, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (18/9/2015).

Alhasil, Partai Republik pun berang dan menuding penolakan yang dilakukan Partai Demokrat hanya untuk menyelamatkan Obama agar tidak menggunakan hak vetonya. "Ini tidak akan efektif jika orang-orang Amerika tidak berani mengatakan apa yang ada di pikiran mereka," ujar John Coornyn, senator asal Partai Republik.

Kritik dari Partai Republik pun dibalas oleh Partai Demokrat dengan mengatakan bahwa akrobat politik yang dilakukan Partai Republik untuk mempermalukan Gedung Putih adalah perbuatan yang sia-sia dan membuang-buang waktu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)