Heboh Nelayan Jepang Tangkap Ikan Mutan

Kamis, 17 September 2015 - 20:56 WIB
Heboh Nelayan Jepang Tangkap Ikan Mutan
Heboh Nelayan Jepang Tangkap Ikan Mutan
A A A
HOKKAIDO - Seorang nelayan Jepang, Hirasaka Hiroshi membuat heboh publik di negaranya. Dirinya disebut-sebut telah menangkap seekor ikan mutan, atau yang telah mengalami mutasi secara tidak alami.

Melansir Metro pada Kamis (17/9/2015), kehebohan itu mulai muncul ketika Hiroshi mengunggah sebuah foto ketika dirinya mengangkat sebuah ikan dengan wajah yang sangat buruk. Publik Jepang menduga ikan itu adalah korban dari bocornya reaktor nuklir Fukushima.

Namun, menurut beberapa ilmuwan, biota laut berwujud ikan aneh tersebut bukanlah disebabkan karena terpapar reaktor nuklir Fukushina, tapi memang begitulah wujud ikan itu sebenarnya. Ikan itu berjenis wolffish, dan memang memiliki perawakan yang cukup buruk.

Menurut para ilmuwan, ikan tersebut masuk ke dalam kategori ikan yang hidup di kedalam sedang. Namun, ilmuwan itu juga tidak menampik adanya sedikit mutasi pada ikan berwajah buruh itu, yakni dari segi ukurannya.

Wolfish pada umumnya hanya bisa tumbuh hingga panjang 1,3 meter. Sedangkan ikan yang ditangkap oleh Hiroshi memiliki panjang lebih dari dua meter, atau hampir dua kali lipat dari ukuran normal ikan tersebut.

Reaktor nuklir Fukushima sendiri bocor pada tahun 2011 lalu, saat Jepang dilanda gempa dahsyat yang disusul oleh tsunami. Sampai saat ini komplek reaktor tersebut masih ditutup, karena tingkat radiasinya yang masih cukup tinggi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5506 seconds (0.1#10.140)