Bertambah, Jamaah Indonesia Korban Tewas Runtuhnya Crane Mekkah

Selasa, 15 September 2015 - 22:17 WIB
Bertambah, Jamaah Indonesia Korban Tewas Runtuhnya Crane Mekkah
Bertambah, Jamaah Indonesia Korban Tewas Runtuhnya Crane Mekkah
A A A
MEKKAH - Jamaah haji Indonesia yang menjadi korban musibah craine ambruk di Masjidilharam, Mekkah bertambah. Darwis Rahim Cogge, jamaah asal kloter 18 embarkasi Ujungpandang (UPG), resmi dinyatakan meninggal dunia oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Mekkah, pukul 11.00 waktu Arab Saudi (WAS) kemarin.

Kepala Daker Mekkah, Arsyad Hidayat menjelaskan, kepastian diperoleh setelah pihaknya mengajak keluarga almarhum melakukan pengecekan secara bersama-sama ke tempat penyimpanan jenazah di Al Muasyim.

Selanjutnya, keluarga melakukan pengecekan ciri-ciri fisik dan wajahnya. Ternyata memang benar, jenazah tersebut Darwis Rahim Cogge. "Setelah keluarga memastikan jenazah itu adalah kerabatnya, maka kementerian baru berani merilisnya ke umum," ujar Arsyad.

Dia menambahkan, Darwis merupakan salah satu jamaah yang dilaporkan hilang sejak peristiwa crane roboh di Masjidil Haram pada Jumat (11/9) sore.

Arsyad mengakui, banyak korban jiwa dari musibah crane ambruk tersebut tidak bisa dikenali lagi. Termasuk korban dari Indonesia. Karena itu, PPIH melibatkan keluarga korban untuk mengenali jenazah kerabatnya yang diduga meninggal.

"Kejadian tersebut adalah crane jatuh dengan ukuran yang berat sekali, karena itu ada jenazah yang sebagian tidak utuh lagi," urai Arsyad.

Untuk jenazah yang tidak utuh, PPIH akan melakukan komunikasi dengan pihak keluarga untuk pengambilan sampel DNA guna memastikan nama korban yang meninggal terkait pembuatan surat kematian atau certificate of death (COD).

"Ini salah satu upaya kami, karena tidak tertutup kemungkinan ada jenazah (jamaah Indonesia) lainnya yang sudah tidak utuh," ujar Arsyad. Dengan demikian sampai Selasa pukul 11.00 WAS jumlah korban yang meninggal dalam musibah crane roboh sebanyak 11 orang.

Arsyad juga meminta keluarga korban untuk mewaspadai oknum tak bertanggungjawab yang menghubungi keluarga dan meminta uang. "Harus diwaspadai. Karena semua biaya pengobatan jamaah yang terluka maupun pemakaman bagi yang meninggal sudah ditanggung pemerintah Arab Saudi," tegasnya.

Berikut 11 10 jemaah calon haji yang wafat dalam tragedi crane Mekkah


1. Sriyana Marjosihono nomor paspor B1188078 asal Kloter SOC 27
2. Masadi Saiman Tarimin nomor paspor V222619 asal Kloter SUB 38
3. Siti Rukayah Abdu Samad nomor paspor A2714350 Kloter SUB 39
4. Painem Dalio Abdullah asal Kloter 8 Medan
5. Saparini Baharuddin Abdullah dari Kloter 8
6. Nurhayati Rasad Usman dari Kloter Padang
7. Fery Mauludin Arifin Kloter 12 Jakarta-Bekasi
8. Adang Joppy Lili asal Kloter 16 Jakarta-Bekasi
9. Masnauli Hasibuan asalm Kloter 9 Medan
10. Iti Rasti Darmin asal Kloter 23 Jakarta-Bekasi
11. Darwis Rahim Coge asal kloter 18 Ujung Pandang
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5728 seconds (0.1#10.140)