Hungaria Akan Tutup Jalur Penyeberangan Imigran

Senin, 14 September 2015 - 23:42 WIB
Hungaria Akan Tutup Jalur Penyeberangan Imigran
Hungaria Akan Tutup Jalur Penyeberangan Imigran
A A A
HUNGARIA - Pemerintah Hungaria akan menutup jalur penyeberangan utama imigran yang mengalir dari Serbia. Seperti dikutip dari Reuters, Senin (14/9/2015), puluhan polisi Hungaria berjaga di rel kereta api yang melintasi perbatasan Hungaria-Serbia.

Selama ini, jalur penyeberangan ini telah digunakan oleh puluhan ribu imigran asal Timur Tengah, terutama dari Suriah, untuk masuk ke Eropa. Selain menyiagakan personel keamanan di darat, Hungaria juga mengerahkan helikopter untuk menjaga titik penyeberangan itu.

Langkah ini diambil otoritas Hungaria beberapa jam sebelum pemberlakuan undang-undang yang memperbolehkan aparat Hungaria menangkap dan memenjarakan siapa pun yang mencoba menyeberangi perbatasan selatan Hungaria dari arah Serbia secara ilegal.

Langkah ini ditempuh Hungaria untuk menghalau arus pengungsi yang memasuki negara mereka. Sepanjang tahun ini, lebih dari 190.000 imigran dan pengungsi yang melarikan diri dari kemiskinan dan perang di Timur Tengah, Afrika dan Asia telah memasuki Hungaria dari Serbia. Kondisi ini menempatkan Hungaria berada di garis depan krisis pengungsi terburuk di Eropa sejak perang Yugoslavia pada 1990-an.

Kebijakan pemerintah Hungaria ini telah diketahui sejumlah imigran yang hendak melintasi titik penyeberangan itu. "Kami mendengar Hungaria akan menutup perbatasan pada 15 September, jadi kami bergegas meninggalkan Yunani," kata seorang mahsiswa asal Suriah, Amer Abudalabi (24), sesaat sebelum melintasi perbatasan tersebut dari arah Serbia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5752 seconds (0.1#10.140)